Arrival: Alien, Bahasa dan Waktu (Failed Project)

“A true thing, poorly expressed, is a lie” -Stephen Fry

“No other art form is able to fix time as cinema does. Therefore, what is film? It is a mosaic made with time.” -Andrei Tarkovsky

 

“Language is a foundation of a civilization, it’s a glue that hold people together, it’s a first weapon to drawn in a conflict.”

Apa jadinya bila terdapat dua belas UFO yang mendarat di berbagai belahan dunia, termasuk di negaramu? Apakah bagimu kejadian seperti ini harus disusul dengan peperangan antar manusia dan alien? Ataukah, dengan mempertimbangkan kompleksitas pemikiran yang dimiliki alien sehingga terdapat kemungkinan bahwa mereka juga memiliki bahasa yang kompleks, maka kita sebaiknya harus membangun komunikasi dengannya?

Setidaknya, bagi Denis Villeneuve, alternatif yang terakhir lah yang harus dipertimbangkan. Membuktikan kapasitasnya sebagai director kelas dunia, Denis memproduksi film Arrival yang tayang perdana tahun 2016 lalu. Film ini bercerita tentang kedatangan alien ke bumi yang bertujuan untuk membangun komunikasi dengan umat manusia, namun berakhir dengan menimbulkan kepanikan di beberapa negara. Sementara di Cina dan beberapa negara sekutunya terdapat kepanikan besar di tingkat masyarakat maupun pemerintahannya, di Amerika, meskipun terdapat kekacauan di masyarakat, namun di pemerintahnya masih mencoba untuk mencari cara untuk menyikapi kedatangan alien ini. Memanggil Dr. Louise Bank, seorang profesor linguistik dan Dr., seorang profesor fisika untuk mencoba membangun komunikasi dengan alien, pemerintah Amerika terus tertekan dengan kondisi negara lain yang semakin menunjukkan sikapnya untuk menyatakan perang dengan alien.

Di lain sisi, Dr. Bank’s yang terus berusaha untuk memahami bahasa dan tulisan alien, terus didatangi bayangan-bayangan dirinya bersama seorang anak kecil (Yang kemudian diketahui bahwa itu adalah anaknya di masa depan). Di akhir cerita, diketahui bahwa Dr. Bank’s memiliki kemampuan untuk melihat masa depan (yang nantinya ia gunakan untuk mempengaruhi masa kini) yang diperolehnya dari mempelajari bahasa alien. Bahasa alien, yang coba Dr. Banks pahami melalui bentuk tulisan alien yang terlihat seperti lingkaran,  merepresentasikan makna ketimbang bahasa. Dalam satu lingkaran yang ditulisnya hanya dalam kurun waktu dua detik, terdapat beberapa kalimat kompleks yang dicakupnya. Saking kompleksnya, sehingga kita dapat mengetahui cara membaca masa depan hanya melalui membaca tulisan mereka!

Film ini banyak berbicara tentang batas, atau awal dan akhir. Misalnya tulisan sang alien yang berbentuk lingkaran yang berisi banyak makna, nama anak perempuan yang muncul di pikiran Dr. Banks benama Hannah, yang bila dibalik tetap Hannah. Penggambaran tentang awal dan akhir ini berpuncak pada kemampuan banks untuk mengetahui masa depan, yang membuatnya mensyukuri apa yang telah ia miliki. eak.

‘The Kuleshov effect’, fenomena dimana penonton mrmperoleh makna dari dua rekaman yang berurutan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s