Deleuze – Guattari

Translated from Wikipedia (https://en.wikipedia.org/wiki/Deleuze_and_Guattari)

image

Gilles Deleuze, seorang filsuf Prancis, dan Félix Guattari, seorang psikiater dan aktivis politik Prancis, menulis beberapa karya bersama-sama (disamping keduanya memiliki karir independen yang terkemuka)

Karya bersama mereka adalah Capitalism and Schizophrenia, Kafka: Toward a Minor Literature dan What is Philosophy.

Capitalism dan Schizophrenia

karya dengan dua volume, terdiri dari Anti-Oedipus (1972) dan A Thousand Plateaus (1980), Capitalism and Schizophrenia memiliki pengaruh yang besar, dan, dengan kritiknya atas konformitas psikoanalitik, menandai langkah signifikan dalam evolusi post-strukturalisme. Karya ini menekankan sifat nomadik dari pengentahuan dan identitas, yang dapat dilihat contohnya dalam kepusingan penulis atas kontinuitas antara manusia dan binatang, juga menempatkannya diantara tulisan-tulisan formatif posmodernisme. Stark dan Laurie berpendapat bahwa Anti-Oedipus juga “merespon kegagalan pergerakan revolusioner marxis untuk membersihkan dirinya dari keburukan yang mereka ingin gulingkan, termasuk prasangka, dogmatisme, nasionalisme dan hirarki kekuasaan”.

Foucault dalam pengantarnya atas volume pertama menyebutnya “sebuah buku tentang etika, buku tentang etika pertama yang ditulis di Prancis dalam kurun waktu yang cukup lama”. Fredric Jameson memujinya karena memperkenalkan ulang aliran sejarah kedalam dunia statis strukturalisme.

Perayaan buku tersebut atas pra-oedipal juga dilihat sebagai usaha membuat sketsa strategi untuk bertahan hidup dibawah modernitas tahap lanjut kapitalisme.

Kafka

Tidak senang dengan perlakuan para sarjana terhadap karya Franz Kafka, Deleuze dan Guattari menulis Kafka: Toward a Minor Literature dalam rangka untuk menyerang analisis terdahulu tentang Kafka yang mereka lihat membatasi Kafka “dengan meng-Oedipus-kan dan menghubungkannya dengan narasi ayah-ibu—atau dengan mencoba membatasinya dengan spekulasi teologis-metafisis atas kerusakan semua dimensi politis, etis, dan ideologi yang mengalir sepanjang karyanya”.

Dipublikasikan pada tahun 1975, buku mereka berusaha memasuki karya-karya Kafka melalui mode analitik  yang disengajai tidak tepat sebagaimana aliran dan intesitas, tanpa beban yang tidak penting mengenai tipe analisis yang menghubungkan karyanya dengan kategori-kategori genre, tipe, mode, atau gaya terdahulu atau yang telah ada. Jenis analisis yang terakhir ini berhubungan dengan apa yang akan disebut oleh Deleuze dan Guattari sebagai literatur “mayor” atau dominan, darimana mereka melihat Kafka muncul sebagai suara orang minoritas termarjinalkan yang menyediakan ulang bahasa mayor bagi tujuannya sendiri, dan menekankan dorongan kolektif diatas “master literatur” individual.

Karya Lain

Deleuze dan Guattari juga menulis What is Philosophy? bersama-sama, yang mana membentang dari David Hume, mereka membangun pandangan filosofis yangmana didasari atas pengalaman dan dunia kuasi-virtual.

Personal/ Politis

Guattari menjelaskan bagaimana kolaborasinya dengan Deleuze lahir setelah kejadian May 1968 di Prancis, sebagaimana energi tambahan terlahir dalam tulisan-tulisannya ketika berkolaborasi.

Kritikan

Selain kritik-kritik tentang penyalahgunaan kontemporer atas ide-ide Deleuze dan Guattari, kritikan filosofis telah dilakukan terhadap anti-hegelianisme dan imajiner “fraternal” Deleuze dan Guattari. Mengomentari hubungan antara antropologi dan politik dalam Anti-Oedipus, Timothy Laurie juga mencatat bahwa “Deleuze dan Guattari terjatuh pada dogma metodologis yang meluruskan feminitas dengan reproduksi dan maskulinitas dengan politik dan/atau ikatan pria primordial.’”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s