Marc Becker On Academic freedom

image

Pada dasarnya, kebebasan akademis adalah jiwa dari universitas. Semua orang berhak menyampaikan gagasannya tanpa batasan dalam rangka menghidupkan suasana akademis.

Berikut kutipan wawancara mengenai kebebasan akademis dengan Marc Becker, seorang profesor/ dosen dalam studi Amerika Latin di Truman State University:

Pernahkah anda merasa ditekan (oleh administrasi kampus atau yang lainnya) untuk menurunkan aktivitas politik anda dalam rangka menjaga keamanan pekerjaan anda sebagai profesor?

-Kadang kolega saya menghimbau saya untuk berhati-hati, tapi saya tidak pernah merasa mendapat tekanan dari West McClain terhadap apa yang saya lakukan atau katakan baik didalam maupun diluar kelas.

bagaimana cara anda menghadapi mahasiswa konservatif didalam kelas?

-Saya menghadapi seluruh mahasiswa dengan jalan yang sama, bahkan dengan seorang mahasiswa yang moderat, libertarian, anarkis, dan yang lainnya. Universitas adalah ruang terbuka untuk dialog dan bertukar ide. Semua orang bebas untuk berbagi ide mereka dan saya mencoba untuk mendorong pertukaran ide yang terbuka dalam lingkungan yang saling menghargai dan bersifat dewasa/ mature.

Seberapa sehatkah menurut anda keadaan rata-rata dari kebebasan akademik di negara ini (amerika)?

-Kita hidup dinegara yang paling tidak demokratis di dunia dalam konteks aksebilitas masyarakat didalam sistem politik dan pemahaman yang baik terhadap politik. Kebebasan akademis ini layaknya otot yang, jika kita tidak menggunakannya, maka akan mulai melemah. Kita butuh lebih banyak orang-orang yang mau berbicara melawan ketidakadilan sosial di dunia. Kebebasan akademis akan selalu aman selama kita menjaga hak ekspresi politik. Horowitz ingin mengintimidasi orang-orang seperti saya yang melawan imperialisme dan kebijakan ekonomi neoliberal dan memaksa untuk diam. Namun jika kita diam, maka kita akan kehilangan kebebasan akademis kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s