SYRIZA: The Dawn

   Hari Kamis, 16 Juni 2015 lalu, parlemen Yunani yang diisi oleh sebagian besar partai kiri-radikal, SYRIZA – memutuskan untuk meloloskan proposal yang diajukan Eurogroup untuk mengatasi krisis ekonomi mereka. Dengan 229 anggota parlemen menyetujui serta 64 dan 8 suara lainnya menyatakan menolak serta abstain, dengan ini perjuangan perlawanan Yunani terhadap Neoliberalisme berakhir sudah. Yunani dan Partai SYRIZA akhirnya bertekuk lutut kepada Agenda neoliberal yang dieksekusi oleh TROIKA (IMF, BCE, dan UE). Sampai disini, apa yang salah dari perjuangan SYRIZA dalam pertarungannya melawan neoliberal?

    Beberapa dari kalangan akademisi berpendapat bahwa kekalahan yang ditelan oleh Yunani adalah akibat dari kesalahan dalam menerapkan strategi, dimana saat itu Yanis Varoufakis, menteri keunganan Yunani menempuh jalur negosiasi, jalur yang ditempuh dengan proses dialog rasional dan intelektual mengenai paket dana talangan. Namun, Troika tidak akan begitu saja membiarkan Yunani untuk menang dengan menempuh jalur tersebut. Sebab, ini adalah persoalan kepentingan, dan disatu sisi, TROIKA memiliki kekuatan yang super besar. Terbukti, dengan ancaman finansial oleh Troika, nyali parlemen Yunani menjadi ciut dan akhirnya menerima proposal dari Troika.

    Selanjutnya, terdapat argumen yang berbeda dari beberapa akademisi lainnya mengenai penyebab kekelahan Yunani. Mereka mengatakan bahwa kekelahan Yunani ini adalah akibat dari faktor ideologis yang berada dibalik pemikiran sebagian besar anggota dari Partai SYRIZA yang memegang tampuk kekuasaan di Yunani.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s